Nikmatnya Wedang Kacang Kebon Khas Magelang saat Hujan Datang

Wedang Kacang Kebon Magelang

Buru-buru motor saya pinggirkan mencari tempat berteduh. Hujan datang tiba-tiba dan langsung deras. Sudah beberapa kali saya terjebak hujan di area Gunung Tidar, tengah Kota Magelang ini. Sampai-sampai sudah hafal tempat mana yang harus diwaspadai saat pulang ke Temanggung dari Jogja. selain harus diwaspadai saya juga menemukan tempat mana yang enak untuk berteduh dikala hujan datang.
Hujan yang lama tak kunjung reda, walaupun membawa ponco kadang enggan menerobos dingin. Waktu sudah mau menujukan setengah enam petang, perut mulai kelaparan. Teringat kata Ayoeb  teman saya, di Tengah Kota Magelang ada warung yang menyediakan wedang nikmat yaitu Wedang Kacang. Langsung saja saya cari keberadaan warung tersebut.
Berbekal ance-ancer yang diberikan Ayoeb, yaitu pertigaan sebelum alun-alun Magelang bila dari arah Jogja, belok kanan, jalannya naik seperti jenggulan. Warung itu tepat berada di ujung jalan naik itu, dipinggir irigasi. Pas sekali saya sampai di situ, warung baru saja buka. Beberapa pelanggan sudah memenuhi meja di dalam. Warung yang tidak terlalu besar mungkin hanya muat untuk 10 orang saja, terpaksa saya duduk di luar, di emperan warung ini. Tapi malah asyik bisa melihat suasana sekitar.

Wedang Kacang Kebon Magelang

Wedang Kacang Kebon Magelang

 Baca Juga : Sop Senerek Bu Atmo yang Legendaris di Magelang

Saya memesan menu andalan di warung ini yaitu Wedang Kacang. Sembari menunggu Wedang Kacang disiapkan, saya melihat proses penyajiannya. Seorang pegawai menyiapkan mangkok, kemudian ia bawa mendekat ke sebuah manci besar untuk diisi dengan Wedang Kacang. Saat Wedang Kacang diambil terlihat kepulan asap uap dari manci dan tercium aroma wangi enak, langsung membuat air liur deras membanjiri mulut. Setelah makok penuh dengan kacang dan kuahnya baru ditambah dengan ketan. Sekepal ketan dimasukkan. Terlihat mengkilap dan enak banget. Tak sabar menikmatinya.
Sajian sudah datang, Wedang Kacang Kebon Khas Magelang sudah siap di depan mata. Masih hangat sangat cocok untuk menghangatkan tubuh ketika hujan. Saya mencoba Satu sendok wedang ini, saya seruput perlahan karena masih sedikit panas, rasa manis gurih bercampur memenuhi mulut, aroma kacangnya juga nendang. Setelah merasakan nikmatnya wedang yang gurih-gurih manis langsung saja tidak mengenal panas lagi, beberapa sendok langsung saya seruput dengan cepat, hangatnya langsung terasa sampai tenggorakan dan lambung.

Wedang Kacang Kebon Magelang

Wedang Kacang Kebon Magelang


Kacang di wedang ini teksturnya lembut. Tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk mengunyah, beberapa kali kunyahan saja sudah lebur dan mengalir bersama wedangnya. Kacang juga tidak ada selaputnya, bersih putih, sangat mengoda untuk segera dinikmati. Tak perlu waktu lama, sangking lahapnya saya hampir menghabiskan separo wedang kacang. Di separo sisa wedang kacang ini segumpal ketan mulai terlihat, mulai lah saya nikmati. Ketan ini seperti penyempurna rasa serta untuk mengisi bagian perut yang belum terisi agar kenyangnya mantab. Sungguh nikmat Wedang Kacang Kebon ini dinikmati saat hujan.

Wedang Kacang Kebon Magelang

Wedang Kacang Kebon Magelang

Di warung ini selain menyediakan Wedang Kacang juga menyediakan wedang Ronde dan Kolak. Beberapa jajanan juga ada seperti rolade, gorengan dan yang paling menarik saya adalah sate pisang. Saya menyebutnya sate pisang, kurang tahu nama aslinya. Jajanan ini termasuk jajanan jadul dan sudah jarang dijumpai. Dulu ibu saya saat masih berjualan toko klontong di rumah sering menjajakan jajanan ini. kalau dilihat seperti tidak ada pisangnya karena tertutup oleh pembungkus yang terbuat dari hunkwe, seperti agar-agar yang di kasih santan. Nikmat rasaya dan lembut teksturnya. Baru setelah kita gigit, pisang di dalamnya baru tersa dan terlihat. Pisang gepok rebus yang lembut dan lumer dimulut.
Bagi kalian yang berada di Kota Magelang silahkan dicoba Wedang Kacang Kebon ini, wedang kacang legendaris yang sudah ada dari tahun 1982. Apalagi musim hujan seperti ini, nikmatnya bisa nambah berlipat-lipat. Datang jangan kemalaman karena Wedang Kacang ini sangat laris, bisa-bisa tidak kebagian. Harganya satu porsi wedang kacang Rp. 8.000,- dan jajanan berkisaran Rp. 2.000,-.

Baca Juga : Kopi Badhek Borobudur yang Nagih


Wedang Kacang Kebon Magelang
Jl. Panjang, kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang
Buka pukul 17.30 - habis

Post a Comment

7 Comments

  1. Baru tahu saya ada menu sate pisang, menarik juga ya. Itu disajikan hangat kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate pisang ini padahal sudah ada dari saya kecil, enak loh

      Delete
  2. Sate pisangnya mantep nih gan.. Jadi pengen nyobain. Hehe..

    ReplyDelete
  3. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Poker Online - HTTP://ARENADOMINO.CO
    Minimal Deposit / Withdraw : Rp.20.000,-
    Bonus Refferal 20% Seumur Hidup .
    Bonus Turn Over 0.5% Tanpa Batas .
    Player VS Player ( 100% Tanpa Bot ) .
    8 Games Dalam 1 User ID .
    POKER - DOMINO - ADUQ - BANDARQ - CAPSA - BANDAR POKER - SAKONG - BANDAR66
    Rasakan Sensasi nya Menjadi Bandar , hanya di BANDARQ , BANDAR POKER , BANDAR66.
    Dengan Pelayanan Terbaik ( Customer Service ) .
    Customer Service Online 24 Jam

    ReplyDelete