Sop Senerek Bu Atmo yang Legendaris di Magelang



Makan siang sangat cocok dengan yang berkuah-kuah apalagi dengan sop yang kuahnya segar, gurih dengan kaldu yang rasanya tak mau pergi dari lidah. Sop yang sangat mantab bercampur dengan berbagai sayuran yang segar menambah cita rasa begitu nikmat makan siang.
Salah satu sop dengan cita rasa yang luar biasa adalah Sop Senerek Bu Atmo yang terletak di tengah Kota Magelang tepatnya di desa Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang. Warung ini menyediakan sop yang unik dan sangat khas, serta resep dan racikan yang sudah turun menurun sejak jaman dulu sehingga sop ini sangat populer dijuluki dengan Sop Senerek yang legendaris.

warung Sop Senerek Bu Atmo tampak dari depan
warung yang sederhana dengan para pengunjung sedang menikmati makanannya

Beruntung saya bisa menikmati sop ini walaupun kedatangan saya kesini tidak direncanakan, padahal hampir setiap saya pulang mudik dari Jogja ke Temanggung saya melewatinya. Kali ini saya memang harus mendatangi Kota Sejuta Bunga ini tidak hanya melewati saja karena saya harus mengikuti sidang tilang di Pengadilan Negeri Kota Magelang. Sekita Pukul 11. 00 WIB saya sudah selesai sidang kontan rasa lapar langsung terasa karena dari pagi belum makan. Saya mencari makanan khas dari Kota Magelang mulai dari browsing dan tanya-tanya orang di Pengadilan yang bareng sidang tilang. Paling banyak dan paling tinggi ratingnya adalah Sop Senerek Bu Atmo yang tak Jauh dari Alun-Alun Kota Magelang. Langsung saja saya menuju ke Warung Bu Atmo, tempatnya mudah di temukan. Saat saya sampai disana Wow... warungnya benar-benar penuh oleh pengunjung, Sayapun memutuskan untuk menunggu sebentar agar jam makan siang selesai, karena saya lihat para pengunjung warung itu kebanyakan para pegawai kantoran. Setelah satu jam kemudian baru saya datang ke warung itu lagi, dan lumayan sudah mulai sepi.
Karena kurang begitu tahu menu apa saja yang disajikan, saya pesan sesuai rekomendasi dari salah satu orang yang saya tanya di Pengadilan yaitu Sop Senerek Iso babat dengan minum es beras Kencur. Setelah pesan saya langsung mencari tempat duduk di tempat yang agak pojok, di situ sudah ada seorang laki-laki muda dengan baju khas pegawai keamanan, “maaf mas boleh duduk sini” saya meminta ijin ke laki-laki tersebut karena dia duduk sendirian disitu. “ oh ya mas, Silahkan”  jawab Laki-kali tersebut mengijinkan saya duduk di depannya. Sambil menunggu pesanan datang saya ngobrol-ngobrol, ternyata laki-laki di depan saya asalnya juga dari Jogja yang sedang tugas ke magelang, dan setiap kali Ke Magelang pasti mampir di warung makan ini. Tidak lama pesenan saya datang juga.

isian dari Sop Senerek yang sangat segar
Kaldu Sop Senerek yang masih di panci dapur warung Senerk bu Atmo

Sop senerek yang sudah ada didepan saya begitu menggoda yang tampilannya jawani sekali. Satu piring ini berisi nasi disiram dengan kuah kaldu dan kacang merah, sayur bayam serta wortel. Rasa dari kuahnya begitu segar dengan kaldu yang rasanya seperti membekas di lidah, mungki ini karena kuah sop yang tercampur dengan Iso babat (jeroan sapi) yang aromanya terasa sekali di lidah membuat saya pingin lagi dan lagi makan kuahnya saja.
Setelah menjoba kuahnya hampir seperempat kuah sop, saya mulai mencoba  isi sop yang lain yaitu kacang merah yang lumayan mempur dan sayur-sayur lain seperti bayam dan wortel yang segar bercampur dengan iso babat yang aromanya khas sekali. Hampir tak ada jeda saya makan sop ini, dan sekejab habis.
Untuk menghilangkan rasa kaldu yang masih menempel di lidah agar tidak pingin lagi untuk makan saya mulai menyeruput es beras kencur, dan rasaya cess...... seger sekali langsung mulut dipenuhi dengan rasa beras kencur yang sangat segar.

sedang menyeruput es Beras Kencur
daftar menu Warung Sop Senerek Bu Atmo

Untuk kalian yang biasa lewat Magelang harus mampir ke Warung ini untuk mecoba Sop Senerek yang legendari ini, oh ya sebelum saya pulang dan bayar makanan yang sudah saya makan saya bertanya kepada salah satu pegawai, “mengapa dinamakan Sop Senerek?”, dan kata bapaknya “Senerek itu ya Kacang Merah itu”. Ternyata saya baru tahu kalau Senerek itu nama lain dari Kacang Merah. Setelah tahu saya bayar makanan yang saya pesan. Harga dari sop Senerek Iso Babat Rp. 12.000,- dan es Beras Kencur Rp. 3.000,-. Ada beberapa aneka menu lain disini sebenarnya seperti Mangut Lele dan lain-lain. Silahkan dicoba kalau ke Magelang.

  

Post a Comment

4 Comments

  1. Aghhhh kanu... Bikin laper aja :D. Magelang yg aku tau mmang punya banyak kuliner enak. Tp blm prnh kesana -_-.. Kacang merah itu aku paling suka memang di sop.. Apalagi kalo kacang merahnya empuk, duuuh, bisa abis banyak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tdnya aku gak ngerti kalau senerek itu kacang merah itu..ha ha enak bgt di rumah makan ini, aku jd sering juga main kesini

      Delete
  2. Langganan ane ini 😄👍
    senerek itu berasal dari bahasa belanda "snert" cuman lidah kan susah bilang snert, jadinya senereg 😄

    kalo ke magelang icip-icip makanan legend masbro..
    - wedang kacang Jl Pajang
    - Ronde Miroso depan sma n 3
    - Roti Bagelen Probitas

    Kalo ke muntilan
    - Sop empal haryoko 😂
    - Gudeg bu santi

    sekalian mau mampir rumah ane juga bole 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedang kacang sudah ada di Tulisan.... https://www.sipenyugunung.net/2019/01/nikmatnya-wedang-kacang-kebon-khas.html

      yang lain semoga cepat bisa saya coba

      Delete