Hutan Pinus Pengger yang Hits di Malam Hari

Hutan Pinus Pengger

Tempat Wisata Jogja tiada habisnya, selalu ada saja yang baru, selalu ada yang lebih keren, selalu ada saja yang bikin pingin banget kesana padahal sudah kita kunjungi berkali-kali. Tempat yang kemarin kita kunjungi kadang hari ini sudah punya hal baru lagi. Mungkin ini menjadi salah satu alasan Jogja menjadi kota yang paling di rindukan dan paling susah untuk ditinggalkan.
Salah satu wisata yang baru saja dibuka dan sedang hitz banget di Jogja adalah Hutan Pinus Pengger yang ada di Dlingo. Hutan Pinus milik Perhutani ini tadinya hanya dimanfaatkan sebagai perkebunan pinus yang diambil getahnya, tapi sekarang hutan pinus ini bersolek, memantaskan diri menjadi destinasi wisata yang ciamik besanding dengan hutan pinus Jogja yang sudah terkenal terdahulu. Penataan yang pas dan aksesoris yang khas untuk spot foto membuat Hutan Pinus Pengger ini melejit namanya di dunia maya. Bertebaran foto yang instagramable membuat daya tarik tempat ini sungguh luarbiasa. Selain spot foto yang luar biasa, pemandangan di Hutan Pinus Pengger ini juga mempunyai pemandangan yang layak untuk dinikmati.
saya tidak menyadari hutan pinus ini akan menjadi seterkenal sekarang, karena dulu setiap lewat hutan pinus ini hanya biasa saja, hutan pinus ini hanya dilewati begitu saja oleh wisatawan yang akan menuju ke destinasi wisata di Dlingo. Seperti saya sendiri tidak mengira bahwa dibalik hutan pinus ini terdapat pemandangan yang bagus sekali.
Saya berkesempatan mengunjungi hutan pinus ini dua minggu yang lalu, sore hari yang sedikit panas dan langit terlihat cerah membuat saya ingin sekali mencari foto sunset dan menikmati senja. Mulai saya browsing dimana tempat yang enak untuk menikmati senja, dan saya temukan di Hutan Pinus Pengger ini yang belum pernah saya kunjungi sepertinya bagus untuk sunset. Setelah shalat Asyar langsung saja saya bergegas berangkat. Melewati jalan Solo menuju Jalan Wonosari perjalanan lumayan lambat saat itu jalan begitu padat maklum ternyata ini masih masuk longweekend. Sesampainya diperempatan Pathuk saya belok ke kanan ke arah Dlingo, mulai dari jalan masuk ini asyik jalannya, kita bisa melihat pemandangan yang bagus disisi kanan, kota jogja yang indah.

Indahnya Kota jogja dalam bingkai

Letak Hutan Pinus Pengger ada di desa Terong, Dlingo, kab. Bantul, mungkin banyak yang mengira kalau wilayah ini sudah masuk Gunung Kidul tapi ternyata wilayah ini masih di Bantul. sesampainya di Hutan Pinus Pengger terlihat parkir mobil dan motor sangat penuh bahkan sampai dipinggir jalan. “Wah kayaknya rame ini, gak bisa menikmati senja kalau ramai” pikir saya, saat itupula saya merubah tujuan awal menuju ke Hutan Pinus Becici dan nanti pulang malam baru mampir sini.
Becici memang tidak jauh dari Hutan Pinus Pengger dalam waktu 10 menit saja sudah sampai, disini terlihat tidak terlalu ramai, tapi sekali lagi saya kurang beruntung, awan mendung menutupi sang surya disisi barat, sunset yang baguspun gagal saya dapat. Saya hanya menunggu saja agar malam cepat datang sambil duduk-duduk ngobrol dengan pengunjung lain. Malam pun datang setelah shalat Maghrib saya bergegas menuju Hutan Pinus Pengger.
Sesampainya di tempat parkir yang terlihat mulai sepi dan banyak pengunjung yang sudah mulai pulang menjadikan saya berfikir “bakal puas ini cari foto dan santai-santai disini” akan tetapi setelah beranjak masuk terlihat masih banyak pengunjung yang disini, terlihat berkumpul disalah satu spot yang arstistik sekali, ini lah tempat favorit berfoto ditempat ini. Spot foto ini memang cocok dan bagus sekali untuk foto di malam hari, terlihat sebuah ornamen yang terbuat dari akar pohon yang dibentuk setengah melingkar dan ada kerucutnya diatas. Spot foto yang pas ditengahnya. Pertama saya hanya melihat saja para muda-mudi yang sedang mengambil foto disitu, akan tetapi mereka terlihat kebingunan dan agak kecewa dengan foto yang mereka hasilkan, sedikit saya intip ternyata memang benar fotonya menurutku kurang pas. Menurut saya sih ini terlalu banyak cahaya dari depan sehingga kesan artistik dari oranamen ini kurang dapat.



Setelah lumayan mending sepi saya mulai mengeluarkan kamera yang saya bawa, sama mencoba set kamera SLR yang saya bawa ini sesuai filling saya agar bisa mendapat foto terbaik menurut saya. Yah ternyata mengambil foto dimalam hari memang sulit kita harus bener-bener bisa mengatur cahaya dan yang paling membuat saya kesulitan lagi adalah saya tidak membawa tripod, inilah hal yang paling tidak boleh di tinggalkan sebenarnya kalau mencari foto malam.
Setelah sedikit berdiskusi dengan beberapa orang yang mengambil foto disitu saya berinisitatif untuk merubah pencahayaan yang sudah disediakan disitu “boleh po lampunya dipindah-pindah” kata seseorang pengunjung disitu, langsung aku jawab saja “kalau mau dapet foto yang bagus ya boleh lah, ini kan juga tidak permanen” langsung saja saya geser-geser lampu penerangan disitu dan hasilnya bener lumayan bagus, menjadikan pencahayaan yang lebih rata dan terlihat bagus. Melihat hasil foto yang saya dapatkan ada beberapa pengunjung meminta untuk difotokan, ya lumayan jadi seorang fotografer disana, bahkan ada yang memangil saya untuk difotokan dispot lain karena saya dikira fotografer tempat itu, yah gakpapa hobi mah hajar aja, mumpung ada model gratis juga kan ha ha ha.

cahaya kota jogja dari Hutan Pinus Pengger

Setelah puas mengambil foto di spot itu saya beranjak menikmati pemandangan di ujung Hutan pinus ini. Pemandangan luar biasa Jogja di malam hari terlihat seperti penuh bintang di darat, sinar lampu yang indah sangat enak untuk kita nikmati, saya duduk dan berfikir gimana ya cara ambil foto saya, saya kan belum foto disini. Jurus jalan-jalan sendiri keluar deh, timer dan kamera diletakkan diatas tas, mungkin kaya orang aneh emang, tapi mah aku dah biasa. Setelah dapet foto saya sendiri dengan pemandangan kota Jogja saya duduk sambil menikmati berkata dalam hati “sial, ternyata yang disini sendiri kayaknya cuma saya” yah memang terlihat semua pengunjung berkelompok dan berpasang-pasangan duduk-duduk ngobrol terasa enak sekali dan banyak pula yang sedang sibuk mencari foto hitz. Hutan Pinus Pengger memang keren dimalam hari, tak pernah saya sadari sebelumnya sering dulu lewat kesini ternyata dibalik hutan Pinus ini terdapat pemandangan yang indah sekali.  

Post a Comment

18 Comments

  1. Mas, mas, yang lain pada pasang-pasangan kamu yg motoin timer dengan tripod ganjel tas? Ahaha

    Katanya hutan pinus pengger itu buka 24 jam? Terus kalau mau foto antrenya kaya antre sembako...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ha iya e, lha gimana mau minta tolong mereka juga lagi asyik, ya udah jurus andalan solo trip he he
      Iya antri bgt, aku aja gak foto disana cuma foto2 orang yg lagi foto ha ha ha

      Delete
  2. iku memang bukak sampe malem ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, 24 jam malah...pengunjungnya nyampe malem agat bisa foto disitu

      Delete
  3. Apik banget ya. Tapi kalo terlalu rame emang jd kurang enjoy. Oh aku jg rindu jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang tempat wisata rame semua, apalagi yang sedang hits gini, mungkin malam jumat kliwon datangnya kesini bisa sepi kali ya...
      ayo...ke Jogja

      Delete
  4. Ya ampun aku sepuluh merantau taun di Jogja belum pernah ke tempat2 hits begini, wkwk, beosk deh nyoba jadi om-om kekinian ,ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha perlu itu..sekeluarga foto disini bagus loh om beneran

      Delete
  5. Foto-fotonya keren :) Saya belum pernah ke sini sih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh harus kesini kalau gitu mas...he he he nyari foto yg cantik

      Delete
  6. Skrg banyak yg berlomba lomba buat tempat wisata jadi instagramable hahah

    Oiya dan puncak2 gini jadi enak dan ga perlu naik gunung lagi kalo mau lihat kota dr ketinggian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt, sekarang banyak tempat dibuat untuk spot foto memang...karena orang jaman sekarang doyan foto..he he he

      Delete
  7. Suasananya keren banget kalau malem, aku sendiri belum sempat untuk bsia datang ke situ. Next time semoga ada waktu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah....blm to..ndang kesana mas mumpung masih hit ha ha ha lagi bagus-bagusnya

      Delete
  8. ini, berseliweran banget di ig. emang hits banget kayaknya. sampe sekarang ada tempat serupa di bandung dan purwekerto. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya e, hits bannget ini, kalau goto samapai pake nomor antrian segala

      Delete
  9. Berarti setelah pulang dari liat sunset di Puncak Becici langsung pindah ke sini. Ntap

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget..dari becici terus kesini..mantab malam disini

      Delete