Siapkan Diri ke Sumatera Utara untuk Festival Danau Toba 2018


sumber: beritadaerah.co.id

Berburu tiket pesawat ke Sumatera Utara jangan cuma karena pengen nyicip buah duren atau Bebek Kumango saja. Sudah jauh-jauh ke sana, rugi kalau nggak sekalian menikmati indahnya Danau Toba, kawasan legendaris yang terbentuk dari letusan super volcano yang terjadi puluhan ribu tahun lalu dan membentuk danau seluas lebih dari 1.000 kilometer persegi.
Meski punya latar belakang sejarah bencana yang mengerikan, Danau Toba di masa kini adalah keindahan yang harus dinikmati saat kamu datang ke Sumatera Utara. Apalagi di awal bulan Desember 2018 ini bakal digelar Festival Danau Toba yang pasti bakal membuat liburanmu makin meriah dan berburu tiket pesawat ke Sumatera jadi penuh perjuangan.
Sudah Ada Sejak Tahun 80’an
Festival Danau Toba merupakan pesta budaya, pariwisata, dan olahraga yang sudah diselenggarakan sejak lama. Dulu, acara tahunan ini disebut sebagai Pesta Danau Toba dan telah diselenggarakan sejak tahun 1980’an. Nah, sejak tahun 2013, nama PDT ini kemudian diubah menjadi Festival Danau Toba. Beda nama, tapi ada persamaannya, yaitu selalu menyedot perhatian banyak wisatawan lokal mau pun mancanegara.


sumber:dipadburdairi.com

Diselenggarakan di Kabupaten Dairi
Setelah di tahun 2017 diselenggarakan di di Bakkara, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), untuk tahun 2018 ini Festival Danau Toba akan digelar di  Kabupaten Dairi. Memang sejak pertama kali digelar, Festival Danau Toba merupakan festival keroyokan dari tujuh kabupaten yang memiliki Danau Toba, yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, dan sang tuan rumah FDT 2018, Kabupaten Dairi.
Festival untuk Desember Ceria
Festival Danau Toba ini bakal kembali diselenggarakan di bulan Desember selama empat hari, tepatnya tanggal 5 – 8 Desember 2018. Rencananya, Presiden Joko Widodo bakal datang untuk membuka acara akbar bagi masyarakat Sumatera Utara ini. Beragam event bakal digelar dengan titik utama, yaitu sepanjang Pantai Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Rencananya ada dua titik alternatif lokasi kegiatan, yaitu Tugu dan Makam Raja Silahisabungan (TUMARAS) atau Lapangan Desa Silalahi II.



foto:dispadburdairi.com

Keramaian yang Hakiki di FDT 2018
Fokuskan diri untuk Festival Danau Toba 2018. Booking tiket pesawat mulai sekarang karena pasti banyak wisatawan yang mengincar seat untuk mengunjungi Danau Toba. Berbagai keramaian akan digelar sepanjang acara FDT 2018, mulai dari kirab dan karnaval budaya, festival kopi, pesta kuliner, kolaborasi pagelaran seni, berkemah dengan 5.000 tenda, fashion show, hingga pertunjukan kolosal.
Akomodasi Menuju FDT 2018
Beruntung Danau Toba merupakan tujuan wisata internasional sehingga sangat mudah untuk menjangkau Festival Danau Toba 2018 di Dairi. Ada banyak maskapai yang melayani penerbangan menuju Bandara Kualanamu dekat kota Medan, yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat.


foto:okezone.com

Untuk mencapai Silalahi, kamu bisa menempuh rute menuju Danau Toba via Berastagi dengan jarak tempuh sekitar tiga sampai empat jam. Rute ini lebih singkat ketimbang lewat Kota Pematangsiantar yang mencapai lima jam perjalanan. Untuk masalah penginapan, nggak perlu khawatir. Di sekitar Silalahi dan Tongging ada banyak losmen dan hotel dengan tarif sewa mulai Rp. 100.000 per malamnya.
Tidak usah merasa pesimis tak bisa datang ke Festival Danau Toba 2018. Segera cari tiket pesawatmu dari sekarang di Traveloka dan atur segera rencana akomodasi lainnya!

Post a Comment

1 Comments