Bersepeda ke Situs Liyanan

Komplek Situs liyangan

Satu Hari sebelum Puasa saya sempatkan untuk bersepeda di sekitaran daerah saya, yah itung-itung mumpung masih dirumah dan seumur-umur belum  pernah main ketempat ini, padahal tempat ini sudah terkenal sekali. Situs Liyangan terletak di kaki gunung sindoro tepatnya di Desa Liyangan Purbosari kecamatan Ngadirejo dari rumahku ya kira-kira 5 Km dengan jalan yang naik ke arah gunung sindoro.

jalan menuju situs Liyangan
gapura masuk desa Liyangan

Saya berangakat pukul 05.30 WIB melalui desa saya terus melewati kantor Kecamatan Ngadirejo dan ke Jalan Ngadirejo-Jumprit, lumayan berat bersepeda disini selain jalannya naik dan oksigen yang tipis ala pegunungan membuat saya beberapa kali istirahat, maklum sudah lama gak berolahraga di area pegunungan. Sambil melepas lelah saya berhenti di pinggir jalan yang mempunyai view yang bagus terutama view yang bisa melihat indahnya Gunung Sindoro dan kota Ngadirejo dari atas.
Pukul 06.30 sampailah saya di gerbang masuk Desa Liyangan sempat foto-foto sebentar dan melanjutkan ke perjalannan, dengan jalan masih dari batu-batu lumayan memberatkan untuk mengayuh sepeda, bebrapa kali saya menuntun sepeda sampai ke situs Liyangan. Setelah meletakan sepeda dan berfoto-foto di bagian bawah saya bertemu dengan mas-mas yang menjaga situs ini, saya sedikit ngobrol-ngobrol tentang penggalian yang masih mau dilanjutkan tapi terkendala oleh pembebasan tanah.

Area parkir situs liyangan dengan baground G. Sindoro
Candi-candi yang berhasil di temukan
berderet candi yang ditemukan di Situs Liyangan


Situs ini terdapat beberapa bangunan candi yang sudah tidak utuh lagi dan beberapa bebatuan candi yang terpisah. Terdapat pula mirip sebuah pagar dari bebatuan yang mengelilingi komplek candi yang sudah ditemukan, mungkin disni dulunya adalah sebuah komplek candi Hindu yang luas karena benteng ini terpotong di ujungnya yang mengisyaratkan masih ada bangunan ini di sebelahnya. Pemandangan di Situs Liyangan ini juga bagus dengan baground gunung Sindoro yang gagah.

Peta menuju Situs Liyangan

papan penunjuk arah


Post a Comment

4 Comments

  1. Kolam renang e kui ketoke josss.. kok raono fotone

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel selanjutnya pak.. lagi proses upload. he..he...

      Delete
  2. Meskipun puasa tapi tetep semangat sepedahan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. he..he.. ini sebelum puasa kemarin..sekarang mas gowes tipis-tipis aja

      Delete